Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.2Keywords:
Kata Kunci: Kewirausahaan, Pemasaran, Koperasi, UKMAbstract
Dalam dunia usaha, baik bagi Perusahaan besar maupun bagi Unit Usaha kecil dan Menengah, Pemasaran menjadi Problematika yang sangat menarik, Pemasaran ini dapat mencakup Iklan, Penjualan, dan Pengiriman Produk Ke konsumen maupun pengiriman Produk dari antar Perusahaan. Hasil dari pelatihan ini melebihi ekspektasi dari tim pengabdi, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun mungkin dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan dari pelatihan ini. Pelaksanaan pengadian masyarakat ini, dapat berjalan dengan baik dan terorganisasi, hasil follow up dari kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan dapat secara Kontinyu menerapkannya dalam kegiatan di Usaha Kecil dan Menengah.
References
Alma, B. (2007). Kewirausahaan. Alpabeta.
Faraz, J. N. (2013). Makalah Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen Pemasaran. BPFE Siagian.
Hadibroto, C., Kartohadiprojo, N., & Tobing, H. A. . (2007). Camilan Khas Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (12th ed.). Erlangga.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. (Ketiga). Salemba.
Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. M. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat.
Wulan, (2021). http://shiftindonesia.com
Downloads
Published
Versions
- 2021-08-09 (2)
- 2021-07-15 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Destiana Kumala, Yesi Novianti, Supriatal, Novia Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.