Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Alumni Pendidikan Biologi Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

Penulis

  • Yusnaeni Yusnaeni Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia
  • Andam, S. Ardan Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Moses. K. Tokan Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Angela, G. Lika Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Mbing. M. Imaculata Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Nikmah Nikmah Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Paulus Taek Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Mario. J. Santrum Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia
  • Sudirman Sudirman Pendidikan Biologi Universitas Nusa Cendana, Kupang NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.107

Kata Kunci:

Profesional, Kompetensi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Kualitas guru menjadi suatu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Guru berkualitas dapat dicapai manakala profesionalisme guru terbentuk. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yakni kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru adalah memastikan bahwa guru melakulan refleksi dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini bertujuan memperdalam pengetahuan dan penghayatan calon guru tentang cara berfikir dan bekerja secara kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan di kelas dan melatih keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) dan Community Empowerment (CE) dengan menggunakan metode penyuluhan (ceramah dan diskusi), praktik, dan pendampingan. Hasil kegiatan pelaksanaan pengabdian menunjukkan respon yang sangat antusias bagi alumni calon guru dimana mereka menghendaki agar kegiatan semacam ini rutin untuk dilakukan dan kalau boleh dalam cakupan yang lebih besar. Dari hasil analisis hasil pre test terungkap bahwa pengetahuan Alumni tentang PTK belum utuh dan masih campur baur dengan jenis penelitian quasi eksperimen, Disisi lain juga terungkap bahwa pengetahuan tentang instrument dan observer dalam PTK masih minim. Setelah diberi penjelasan secara detail oleh 5 pemateri barulah mereka memahaminya, dimana hampir 100% peserta sudah dengan benar menjawab pertanyaan seputar PTK.

Kata Kunci: Profesional, Kompetensi, Penelitian Tindakan Kelas

Referensi

Annury, M.N. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. . DIMAS. 18 (2): 117 - 193.

Darling-Hammon. (2006). Constructing Twenty-First Century Theacher Education.. Journal of Teacher Education. 57(30): 300-314.

Dick, B. (2006). Action research literature 2004-2006: Themes and trends. Action Research, 4(4), 439–458.

Elliot, J. (1991). Action research for educational change. McGraw-Hill Education (UK).

Handayani, V.T. (2015). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 3(1): 91-102

Hansen, H. F. (2009). Educational evaluation in Scandinavian countries: Converging or diverging practices? Scandinavian Journal of Educational Research, 53(1), 71–87.

Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge): Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains. 2(2): 217 - 232.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Mikkonen, J. Heikkila, A., Ruohoniemi, M., and Lindblom-Ylanne, S. 2009. I Study Beacuse I’m Interested: University Students’ Explanation for Their Disilplinary Choices. Scandinavian Journal of Educationl Research. 53(3):229-244.

Schon, D. (1983). The Reflective Practitioner. San Fransisco: CA Jossey-Bass.

Suyitno, I., Pratiwi, Y., Roekhan, & Martutik. (2019). How prior knowledge, prospect, and learning behaviour determine learning outcomes of BIPA students?. Cakrawala Pendidikan. 38(3): 499–510.

Yusnaeni., A. G. Lika., Sudirman., M. Kleden. (2019). Classroom Action Research: Biological Learning Quality Efforts in Senior High School with the Illustrated Handout Combining Concept Map. International Journal of Innovation, Creativity and Change. 5(3): 801-820

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Yusnaeni, Y., Ardan, A. S. ., Tokan, M. K. ., Lika, A. G. ., Imaculata, M. M. ., Nikmah, N., Taek, P. ., Santrum, M. J. ., & Sudirman, S. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Alumni Pendidikan Biologi Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru . Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.107