Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Alumni Pendidikan Biologi Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.107Kata Kunci:
Profesional, Kompetensi, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Kualitas guru menjadi suatu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Guru berkualitas dapat dicapai manakala profesionalisme guru terbentuk. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yakni kompetensi: pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru adalah memastikan bahwa guru melakulan refleksi dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Pengabdian ini bertujuan memperdalam pengetahuan dan penghayatan calon guru tentang cara berfikir dan bekerja secara kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan di kelas dan melatih keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) dan Community Empowerment (CE) dengan menggunakan metode penyuluhan (ceramah dan diskusi), praktik, dan pendampingan. Hasil kegiatan pelaksanaan pengabdian menunjukkan respon yang sangat antusias bagi alumni calon guru dimana mereka menghendaki agar kegiatan semacam ini rutin untuk dilakukan dan kalau boleh dalam cakupan yang lebih besar. Dari hasil analisis hasil pre test terungkap bahwa pengetahuan Alumni tentang PTK belum utuh dan masih campur baur dengan jenis penelitian quasi eksperimen, Disisi lain juga terungkap bahwa pengetahuan tentang instrument dan observer dalam PTK masih minim. Setelah diberi penjelasan secara detail oleh 5 pemateri barulah mereka memahaminya, dimana hampir 100% peserta sudah dengan benar menjawab pertanyaan seputar PTK.
Kata Kunci: Profesional, Kompetensi, Penelitian Tindakan Kelas
Referensi
Annury, M.N. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. . DIMAS. 18 (2): 117 - 193.
Darling-Hammon. (2006). Constructing Twenty-First Century Theacher Education.. Journal of Teacher Education. 57(30): 300-314.
Dick, B. (2006). Action research literature 2004-2006: Themes and trends. Action Research, 4(4), 439–458.
Elliot, J. (1991). Action research for educational change. McGraw-Hill Education (UK).
Handayani, V.T. (2015). Pengaruh Pengetahuan Awal, Kedisiplinan Belajar, dan Iklim Komunikasi Kelas Terhadap Hasil Belajar Produktif Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 3 Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 3(1): 91-102
Hansen, H. F. (2009). Educational evaluation in Scandinavian countries: Converging or diverging practices? Scandinavian Journal of Educational Research, 53(1), 71–87.
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge): Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains. 2(2): 217 - 232.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.
Mikkonen, J. Heikkila, A., Ruohoniemi, M., and Lindblom-Ylanne, S. 2009. I Study Beacuse I’m Interested: University Students’ Explanation for Their Disilplinary Choices. Scandinavian Journal of Educationl Research. 53(3):229-244.
Schon, D. (1983). The Reflective Practitioner. San Fransisco: CA Jossey-Bass.
Suyitno, I., Pratiwi, Y., Roekhan, & Martutik. (2019). How prior knowledge, prospect, and learning behaviour determine learning outcomes of BIPA students?. Cakrawala Pendidikan. 38(3): 499–510.
Yusnaeni., A. G. Lika., Sudirman., M. Kleden. (2019). Classroom Action Research: Biological Learning Quality Efforts in Senior High School with the Illustrated Handout Combining Concept Map. International Journal of Innovation, Creativity and Change. 5(3): 801-820
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yusnaeni Yusnaeni, Andam, S. Ardan, Moses. K. Tokan, Angela, G. Lika, Mbing. M. Imaculata, Nikmah Nikmah, Paulus Taek, Mario. J. Santrum, Sudirman Sudirman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.