Pemberdayaan Masyarakat Melalui Evaluasi Pelatihan UMKM Berbasis Digital

Penulis

  • Joeliaty Joeliaty Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia
  • Sri Djatnika Sya’diah Arrifin Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia
  • Vita Sarasi Universitas Padjadjaran, Sumedang, Indonesia
  • Yayan Firmansyah Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.112

Kata Kunci:

Pandemi, UMKM, Pelatihan Berbasis Digital, Kinerja

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat merupakan bentuk kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap dosen dalam menjalankan tridharma Perguruan Tingginya, dengan tujuan mengimplementasikan teori dan membantu serta memberi masukan pada masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Pengabdian Pada Masyarakat tahun ini dilakukan secara virtual atau daring karena adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan dosen melakukan proses pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di rumah masing-masih sesuai aturan yang diberikan oleh Universitas. Semenjak pandemi COVID-19, teknologi memiliki peran yang besar dalam berbagai kegiatan, salah satunya bisnis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui penggunaan media sosial dan e-commerce, pemasaran online dapat menjangkau konsumen lebih luas. Sehingga apabila pelaku UMKM dapat memaksimalkan penggunaan media sosial dan e- commerce, maka pendapatan akan meningkat dan produknya akan dikenal ke seluruh daerah. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan berbasis digital yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan ilmu dan memiliki keterampilan dalam menggunakan platform digital. Melalui PPM ini, kami melakukan evaluasi pelatihan berbasis digital yang telah diikuti para mitra UMKM. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara virtual mulai tanggal 10 Juli 2021 – 11 Agustus 2021. Secara teknis, pelaksanaan program ini dilakukan dari tahap pencarian mitra UMKM, penyebaran kuesioner, hingga mengolah data kuesioner untuk mengevaluasi dampak dari pelatihan berbasis digital yang diikuti para mitra UMKM.

 

Kata Kunci: Pandemi, UMKM; Pelatihan Berbasis Digital; Kinerja

Referensi

Alshaketheep, K. I., Salah, A., Alomari, K. M., Khaled, A., & Jray, A. A. (2020). Digital Marketing during COVID 19: Consumer's Perspective. WSEAS Transactions on Business and Economics, 831 - 841.

Dessler, G. (2020). Humar Resource Management 16th Edition. Florida: Pearson.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Junusi, R. E. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period; A Study of Islamic Perspective. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 15 - 28.

Sadikin, A., Komar, O., & Sukmana, C. (2021). Implementasi Pelatihan Berbasis Digital Marketing dalam Meningkatkan Motivasi erwirausaha Bagi Pelaku UMKM Kota Cimahi. Abdimas Siliwangi, 13-26.

Syaifullah, J., Syaifudin, M., Sukendar, M. U., & Junaedi. (2021). Social Media Marketing and Business Performance of MSMEs During the COVID-19 Pandemic . The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 523 - 531.

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Joeliaty, J., Arrifin, S. D. S. ., Sarasi, V. ., & Firmansyah, Y. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Evaluasi Pelatihan UMKM Berbasis Digital . Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.112