Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi

Penulis

  • Ana Wijandari STEBIS Bina Mandiri
  • Neng Sumilah STEBIS Bina Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpbm.v1i1.12

Kata Kunci:

Pemasaran UMKM, Strategi Manajemen, Strategi Pemasaran, Marketing UMKM

Abstrak

Program pengabdian ini bertujuan agar UMKM memahami strategi-strategi bagaimana mengembangkan usaha dengan memahami bauran atau marketing mix yang terdiri 4 P (Product/Produk, Price/Harga, Place/Tempat, Promotion/ Promosi).Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya UMKM berupa sosialisasi strategi yang dapat dilakukan untuk bersaing dalam pasar persaingan produk. Metode yang digunakan dalam kegitatan ini dengan cara sosialisasi kepada UMKM tentang strategi dalam memenangkan pasar persaingan produk. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cileungsi Kabupaten Bogor. Peserta kegiatan ini adalah para UMKM dengan jumlah sekitar 20 UMKM. Hasil yang didapatkan dalam program pendampingan ini adalah para UMKM mampu menyusun strategi atau rencana pemasaran dengan baik dan benar.

Referensi

Farisi, M. S. Al. (2021). PENGARUH BAURAN RITELTERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PAMELLA SWALAYAN YOGYAKARTA. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(1). Https://Doi.Org/10.51805/Jmbk.V1i1.2, 1(1), 1–14. https://jurnal.binamandiri.ac.id/index.php/jmbk/article/view/2/3

Haryadi, R. N., Rojali, A., Fauzan, M., & Beli, J. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM CImanggis. 1(1), 10–16.

Kasmir. (2012). Kewirausahaan. PT Raja Grafindo Persada, cetak ke-7, 279.

Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 3(2), 1–6.

Setiawan, R. Y. (2018). Manajemen Strategi Pemasaran KJKS BMT Mandiri Getasan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-14

Cara Mengutip

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 61–64. https://doi.org/10.51805/jpbm.v1i1.12