Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.121Keywords:
Media Sosial, Pemasaran, Pandemi Covid-19Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam tonggak perekonomian Indonesia. Ini terlihat dari banyaknya jumlah usaha UMKM dibandingkan dengan bisnis berskala besar. UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang paling mendominasi di Indonesia, namun tidak di pungkiri pada saat pandemi covid-19 juga merupakan sektor usaha yang juga ikut terdampak. Dalam keadaan saat ini, pelaku UMKM harus bisa mengelola maupun mengatur keuangannya agar usaha yang dilakukan tetap bertahan. Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran di masa pandemi covid-19 akan memudahkan pelaku UMKM dalam meningkatkan transaksi penjualan dan promosi, yang mana pada awalnya UMKM anggota PPJI masih menggunakan pemasaran secara offline seperti: pembagian poster, pamflet, mengikuti event (promosi). Sejalan dengan berjalannya waktu dan adanya pandemi covid 19 maka pemasaran melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dll sangat memberi dampak pada penjualan produk, dimana pemasaran dengan media seosial ini dinilai lebih efisien, efektif dan ekonomis. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM anggota PPJI kota Pekanbaru agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dalam menunjang aktifitas usaha secara efektif dan efisien dimasa pandemi covid19.
References
Anoraga, Panji. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardiana, Brahmayanti dan Subaedi. 2010. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 Hal 42- 55.
Barthos, Basir. 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan keenam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. Buchari Alma. 2003. . Bandung: Alfabeta. Kewirausahaan.
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.
Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.
Linardo. (2018). Marketing Syariah. E-book : Cikudanews
Mursid, M. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara
Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan
Suryana, 2006. Kewirausaan Pedoman Praktis: Kiat, dan Proses Menuju Sukses . Jakarta. Penerbit Salemba.
Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96.
Widyanigrum, premi wahyu, bharata, wira. 2017. Workshop internet dan digital marketing untuk meningkatkan daya saing pada kelompok pengusaha muda Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS. Vol 1. No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Kiki Joesyiana, Haznil Zainal, Agustin Basriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.