Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sri Wahyuni Program Studi Akuntansi, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Kiki Joesyiana Program Studi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Haznil Zainal Program Studi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Agustin Basriani Program Studi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia
  • Sri Wahyuni Program Studi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.121

Keywords:

Media Sosial, Pemasaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam tonggak perekonomian Indonesia. Ini terlihat dari banyaknya jumlah usaha UMKM dibandingkan dengan bisnis berskala besar. UMKM merupakan salah satu jenis usaha yang paling mendominasi di Indonesia, namun tidak di pungkiri pada saat pandemi covid-19 juga merupakan sektor usaha yang juga ikut terdampak. Dalam keadaan saat ini, pelaku UMKM harus bisa mengelola maupun mengatur keuangannya agar usaha yang dilakukan tetap bertahan. Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran di masa pandemi covid-19 akan memudahkan pelaku UMKM dalam meningkatkan transaksi penjualan dan promosi, yang mana pada awalnya UMKM anggota PPJI masih menggunakan pemasaran secara offline seperti: pembagian poster, pamflet, mengikuti event (promosi). Sejalan dengan berjalannya waktu dan adanya pandemi covid 19 maka pemasaran melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dll sangat memberi dampak pada penjualan produk, dimana pemasaran dengan media seosial ini dinilai lebih efisien, efektif dan ekonomis. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM anggota PPJI kota Pekanbaru agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dalam menunjang aktifitas usaha secara efektif dan efisien dimasa pandemi covid19.

References

Anoraga, Panji. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiana, Brahmayanti dan Subaedi. 2010. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 Hal 42- 55.

Barthos, Basir. 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan keenam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. Buchari Alma. 2003. . Bandung: Alfabeta. Kewirausahaan.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.

Linardo. (2018). Marketing Syariah. E-book : Cikudanews

Mursid, M. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan

Suryana, 2006. Kewirausaan Pedoman Praktis: Kiat, dan Proses Menuju Sukses . Jakarta. Penerbit Salemba.

Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96.

Widyanigrum, premi wahyu, bharata, wira. 2017. Workshop internet dan digital marketing untuk meningkatkan daya saing pada kelompok pengusaha muda Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS. Vol 1. No. 1.

https://ppji.or.id/

Published

2023-02-01

How to Cite

Wahyuni, S. ., Joesyiana, K. ., Zainal, H. ., Basriani, A. ., & Wahyuni, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kegiatan Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.121