Pemasaran Digital pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Een Craft di Kecamatan Tambun Selatan

Authors

  • Ali Mutaufiq STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia
  • Chandra Dwi Hadiana STIE Bisnis Internasional Indonesia, Bekasi, Indonesia
  • Muhamad Apep Mustofa STIE Hidayatullah, Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Rasfiuddin Sabaruddin STIE Hidayatullah, Depok, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.123

Keywords:

Pemasaran Digital, Produk UMKM, Kerajinan

Abstract

Pemasaran Digital merupakan salah satu penunjang untuk memasarkan produk yang dijual pada masa modern. Pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak- banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini menggunakan wawancara secara langsung berdasarkan hasil observasi di  UMKM Een Craft di Bekasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah bahwa pemilik telah melakukan pemasaran digital melalui iklan di media social, akan tetapi belum maksimal, diantaranya : 1. Pemilik hanya memasarkan di social media instagram saja, 2. pemilik kurang berinovasi dalam pembuatan konten di instagram, 3. Pemilik jarang memposting produk nya di instagram. Selain itu, Een craft harus terus melakukan promosi melaui media sosial sebagai bentuk strategi untuk mengembangkan UKM Een Craft.

References

Ari, Jusuf & Efendi. (2015). Prinsip- Prinsip Pemasaran.Yogyakarta: Andi. Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi.

Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction.

Yogyakarta. Andi.

Ismail Solihin, Manajemen Strategik, Bandung: Erlangga, (2012).

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2018). Principle of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Bandung : Aditama.

Kotler, Philip dan Keller, terjemahan Bob Sabran. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 14 Jilid 1 dan 2, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.

Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi.

Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi global. Bandung: Alfabeta.

Manaf, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Swastha dan Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Published

2023-02-04

How to Cite

Mutaufiq, A. ., Hadiana, C. D. ., Mustofa, M. A. ., & Sabaruddin, R. . (2023). Pemasaran Digital pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Een Craft di Kecamatan Tambun Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 54–59. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.123