Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Umkm Melalui Teknologi Informasi Di Desa Bendul Merisi Kecamatan Wonocolo

Authors

  • Abu Darim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Siswohadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Syamsul Arifin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Kurniawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Ony Thoyib Hadiwijaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Siswanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya
  • Devangga Putra Adhitya Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemuda Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.126

Keywords:

MSMEs, Online, Community Service, Marketing

Abstract

Keterampilan berinovasi sangat diperlukan dalam aktivitas produksi dan pemasaran di era digital. Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini ditujukan sebagai upaya pengembangan UMKM melalui teknologi informasi yang mengoptimalkan penjualan produk tempe pada UMKM dengan memberikan inovasi terhadap kualitas produk, kemasan, dan membantu memasarkan produk secara online. Metode yang dipakai oleh peneliti pada proses pelaksanaan kegiatan PKM diklasifikasikan pada lima tahapan utama yaitu: 1) persiapan dan pengorganisasian; 2) membantu proses pembuatan; 3) pembaruan pengemasan produk; 4) penjualan secara online; 5) evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ditunjukkan dengan pengembangan pengolahan produk berbahan dasar tempe pada UMKM Bendul Merisi. Pengembangan terletak pada efektivitas waktu produksi dari tenaga kerja, peremajaan dari segi desain pengemasan agar tampak menarik untuk dipasarkan secara online, dan penambahan media pemasaran dalam jaringan online. Hal tersebut menandakan bahwa kegiatan pendampingan yang dilaksanakan mampu diikuti dengan baik oleh kelompok UMKM. Pendekatan yang diorientasikan pada pendampingan ternyata lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta pelatihan dibandingkan konsep pemaparan materi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan yang signifikan dari keterampilan pengolahan produk hingga manajemen usaha UMKM.

References

Arifin, S. et al. (2020) ‘The Effect of Consumption On The Society Welfare In Sampang District’, Quantitative Economics and Management Studies, 1(2), pp. 166–170. doi:10.35877/454ri.qems88.

Arifin, S. et al. (2022) ‘Mendukung Pemberdayaan Pariwisata Melalui Transformasi Digital Pada Dusun Podorejo’, 5(2), pp. 423–428.

Firmansyah, D. et al. (2021) ‘Self Identity Management UMKM dalam Cyberspace: Perspectif Pasca Transformasi Digital UMKM di Kawasan Destinasi Wisata Geopark Cileutuh’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), pp. 1075–1084.

Ghozali, I. (2014) Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). 4th ed. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harti, H. et al. (2022) ‘PELATIHAN PEMBUATAN LKPD EKONOMI BERBASIS APLIKASI DIGITAL PADA GURU-GURU SMA DI KABUPATEN LAMONGAN’, 6(4), pp. 2169–2177.

Ikfinasulkha, A.N., Manar, D.G. and Sulistyowati (2021) ‘Transformasi Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Setelah Adanya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa Wisata’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), pp. 1–24.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (2017) ‘Petunjuk Pelaksanaan KKN Tematik Terintegrasi 2017’. Bogor: UIKA Press.

Published

2024-02-22

How to Cite

Darim, A., Siswohadi, Arifin, S., Kurniawati, Hadiwijaya, O. T. ., Siswanto, & Pratama, D. P. A. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengembangkan Umkm Melalui Teknologi Informasi Di Desa Bendul Merisi Kecamatan Wonocolo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 35–42. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.126