Pengenalan Metode Skimming, Scanning, dan Visualising untuk Membantu Pemahaman Membaca Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.144Kata Kunci:
Pemahaman Membaca, Skimming, Scanning, VisualizingAbstrak
Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait strategi pemahaman membaca kepada para siswa di SMK Samita Jaya 2. Siswa diminta untuk dapat memahami dan mempraktekan pemahaman mereka terkait pelaksanaan tiga strategi membaca yaitu skimming, scannning dan visualizing. Ketiga strategi tersebut merupakan cara siswa untuk belajar secara lebih detail dan cepat bagaimanan mereka dapat memahami suatu materi atau topik pembelajaran. Untuk itu siswa perlu diberikan pelatihan secara maksimal, yaitu dengan menjawab pertanyaan pada setiap materi yang diberikan untuk mengetahui pemahaman mereka. Adapun metode yang digunakan para mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PkM ini adalah dengan terlebih dahulu melakukan perencanaan terkait materi dan teknik penerapan ketiga strategi tersebut di atas. Setelah itu mahasiswa melaksanakan perencanan tersebut secara seksama. Di akhir kegiatan mahasiswa melakukan evaluasi terhadap pembelajaran dengan memberikan pertanyaan terkain pemahaman membaca dengan menggunakan ketiga strategi.
Referensi
Addinna, A., Ovilia, R., Asfina, R., Language, E., & Sumatera, W. (2019). The Effect Of Visualization Strategy In Reading Observed From Students ’ Cognitive Learning Styles Efektifitas Strategi Visualisasi Pada Kemampuan. 13(1). https://doi.org/10.24036/ld.v1
Aditya, M. Y., & Chairuddin, C. (2021). The Use of the Six English Tenses in Students’ Daily Conversation. E-Structural, 3(02), 157–167. https://doi.org/10.33633/es.v3i02.4229
Aritonang, I. R., Lasmana, S., & Kurnia, D. (n.d.). The Analysis Of Skimming And Scanning Technique To Improve Students In Teaching. 1(2), 101–106.
Damayanti, P. R., Fitriani, S. S., & Marhaban, S. (2022). The Visualization Metocognitive Strategy to Improve Reading Comprehension. English Education Journal, 11(4), 498–511.
Gulo N, S. (2020). The Benefits Of Skimming Technique In Reading. 1(1), 1–13.
Harlina. (2018). The Effects Of Skimming And Scanning In Reading Comprehension Of The Pre-University Students Of The Ielts Preparation Class In Sun Education Batam. 1(2), 1–7.
Hibatullah, O. F., Hibatullah, O. F., & Faster, E. (2019). The Challenges of International EFL Students to Learn English in a Non-English Speaking Country. 4(2). https://doi.org/10.18196/ftl.4240
Hutabarat, Y., & Zainil, Y. (2020). Journal of English Language Teaching Students ’ Reading Comprehension Problem in Reading Analytical Exposition Text in SMAN 1 Solok. 9(4), 692–699. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.110294
Marliasari, S. (2017). Teaching Reading Comprehension By Using Skimming And Scanning Techniques To The Tenth Grade Students Of Sman 1 Gelumbang Sherly Marliasari. 1, 109–122.
May, F., Saragih, D., Situmeang, N. V., Tasya, S., Manurung, J., Dewi, N. S., & Napitupulu, S. (2022). Reading problems in vocational high school. 2(11), 95–105.
Pasarlay, M. N. (2020). The importance of scanning and skimming strategies in reading comprehension. 51–54.
Safitri, H., Taman, P., & Maharini, M. T. (2022). Meningkatkan Motivasi Siswa Berbicara Bahasa Inggris Melalui Menonton Video. 6(3), 934–947. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/4698/2047
Santi, M., & Reflinda. (2022). Using VIsualization Strategy to Improve Students’ Reading Skill in Comprehending Detailed Information. 2(1), 63–71.
Sinaga, Y. K. (2019). The Effect of Scanning Technique on Students ’ Reading Comprehension in Narrative Text at Grade Ten of SMA Negeri 2 Pematangsiantar. 5(2), 1–11.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hilma Safitri, Linda Maylinda, Ridha Ikhava Erviana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.