Pengenalan Metode Skimming, Scanning, dan Visualising untuk Membantu Pemahaman Membaca Siswa

Penulis

  • Hilma Safitri Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Linda Maylinda Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Ridha Ikhava Erviana Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.144

Kata Kunci:

Pemahaman Membaca, Skimming, Scanning, Visualizing

Abstrak

Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait strategi pemahaman membaca kepada para siswa di SMK Samita Jaya 2. Siswa diminta untuk dapat memahami dan mempraktekan pemahaman mereka terkait pelaksanaan tiga strategi membaca yaitu skimming, scannning dan visualizing. Ketiga strategi tersebut merupakan cara siswa untuk belajar secara lebih detail dan cepat bagaimanan mereka dapat memahami suatu materi atau topik pembelajaran. Untuk itu siswa perlu diberikan pelatihan secara maksimal, yaitu dengan menjawab pertanyaan pada setiap materi yang diberikan untuk mengetahui pemahaman mereka. Adapun metode yang digunakan para mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PkM ini adalah dengan terlebih dahulu melakukan perencanaan terkait materi dan teknik penerapan ketiga strategi tersebut di atas. Setelah itu mahasiswa melaksanakan perencanan tersebut secara seksama. Di akhir kegiatan mahasiswa melakukan evaluasi terhadap pembelajaran dengan memberikan pertanyaan terkain pemahaman membaca dengan menggunakan ketiga strategi.

Referensi

Addinna, A., Ovilia, R., Asfina, R., Language, E., & Sumatera, W. (2019). The Effect Of Visualization Strategy In Reading Observed From Students ’ Cognitive Learning Styles Efektifitas Strategi Visualisasi Pada Kemampuan. 13(1). https://doi.org/10.24036/ld.v1

Aditya, M. Y., & Chairuddin, C. (2021). The Use of the Six English Tenses in Students’ Daily Conversation. E-Structural, 3(02), 157–167. https://doi.org/10.33633/es.v3i02.4229

Aritonang, I. R., Lasmana, S., & Kurnia, D. (n.d.). The Analysis Of Skimming And Scanning Technique To Improve Students In Teaching. 1(2), 101–106.

Damayanti, P. R., Fitriani, S. S., & Marhaban, S. (2022). The Visualization Metocognitive Strategy to Improve Reading Comprehension. English Education Journal, 11(4), 498–511.

Gulo N, S. (2020). The Benefits Of Skimming Technique In Reading. 1(1), 1–13.

Harlina. (2018). The Effects Of Skimming And Scanning In Reading Comprehension Of The Pre-University Students Of The Ielts Preparation Class In Sun Education Batam. 1(2), 1–7.

Hibatullah, O. F., Hibatullah, O. F., & Faster, E. (2019). The Challenges of International EFL Students to Learn English in a Non-English Speaking Country. 4(2). https://doi.org/10.18196/ftl.4240

Hutabarat, Y., & Zainil, Y. (2020). Journal of English Language Teaching Students ’ Reading Comprehension Problem in Reading Analytical Exposition Text in SMAN 1 Solok. 9(4), 692–699. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i4.110294

Marliasari, S. (2017). Teaching Reading Comprehension By Using Skimming And Scanning Techniques To The Tenth Grade Students Of Sman 1 Gelumbang Sherly Marliasari. 1, 109–122.

May, F., Saragih, D., Situmeang, N. V., Tasya, S., Manurung, J., Dewi, N. S., & Napitupulu, S. (2022). Reading problems in vocational high school. 2(11), 95–105.

Pasarlay, M. N. (2020). The importance of scanning and skimming strategies in reading comprehension. 51–54.

Safitri, H., Taman, P., & Maharini, M. T. (2022). Meningkatkan Motivasi Siswa Berbicara Bahasa Inggris Melalui Menonton Video. 6(3), 934–947. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/4698/2047

Santi, M., & Reflinda. (2022). Using VIsualization Strategy to Improve Students’ Reading Skill in Comprehending Detailed Information. 2(1), 63–71.

Sinaga, Y. K. (2019). The Effect of Scanning Technique on Students ’ Reading Comprehension in Narrative Text at Grade Ten of SMA Negeri 2 Pematangsiantar. 5(2), 1–11.

Diterbitkan

2023-08-24

Cara Mengutip

Safitri, H., Maylinda, L. ., & Erviana, R. I. (2023). Pengenalan Metode Skimming, Scanning, dan Visualising untuk Membantu Pemahaman Membaca Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 123–128. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.144