Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Membaca Melalui Teks Naratif Digital Bahasa Inggris

Penulis

  • Yuli Rohmiyati Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia
  • Ana Utami Fatoni Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia
  • Hilman Hilman Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia
  • Achmad Firdaus Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia
  • Citra Septianingsih Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia
  • Rosita Rosita Universitas Bina Bangsa, Serang, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.147

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Keterampilan Membaca, Teks Naratif Bahasa Inggris

Abstrak

Pentingnya berpikir kritis dan keterampilan membaca dalam proses pendidikan tidak dapat diabaikan. Karena keterampilan berpikir kritis membuat siswa dapat menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasikan informasi secara kritis, sedangkan keterampilan membaca merupakan faktor utama dalam memahami isi sebuah teks secara mendalam. Siswa MA Nuruh Hidayah kelas XII Bojonegara Kabupaten Serang provinsi Banten memiliki beberapa masalah yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan membaca teks berbahasa Inggris, diantaranya yaitu kurangnya minat dalam membaca, minimnya kosa kata Bahasa Inggris, sehingga keterampilan siswa dalam membaca dan memahami teks kurang maksimal. Oleh karena itu, peningkatan berpikir kritis dan keterampilan membaca dalam Bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting untuk dikuasai. Salah satu bentuk solusinya adalah dengan memanfaatkan teks naratif digital menggunakan salah satu media interaktif bernama Let's Read Asia. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan membaca siswa serta memperkaya kosakata Bahasa Inggris melalui pengalaman belajar yang menarik.

Referensi

Chalimah, S. N., & Kusumawati, E. R. (2020) Aktualisasi Budaya Literasi Digital Membaca Di MI Ma’arif Salatiga. Jurnal Elementary, 8 (1). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementar

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317

Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of education science, 7(2), 81-98. https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1566

Fatmawati, E. (2015). Media Baru Digital Storytelling di Perpustakaan. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 105-117. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12261

Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA The Utilisation of Digital Libraries as Electronic Learning Resources During the COVID-19 Pandemic at SMA Negeri 3 Batam. jpp, 21, 38526. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 14-30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15

Hilman, H., Fatihah, N. S., Anita, A., Sa'diah, S., & Amalia, Y. (2023). PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INGGRIS UNTUK PELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR. DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 3(1), 1-6. https://dimastek.sttbandung.ac.id/index.php/dimastekjurnal_sttb/article/view/24

Jufrizal, J. (2022). PENGUATAN LITERASI MEDIA DIGITAL MAHASISWA PAI IAI ALMUSLIM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Ta'dib, 12(2), 53-57. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i2.213

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019, July). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN (LITERATURE REVIEW). Irfani (e-Journal), 19(1), 86-107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897

Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 33-46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1.150

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922

Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(01), 1-8.

Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas v sd kristen harapan denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 45-54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-31. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572

Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1-18. : http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary

Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis siswa SMP Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16-27. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.342

Zakiyah, Z., Arisandi, M., Oktora, S. D., Hidayat, A., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 6(5), 8431-8440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3869.

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rohmiyati, Y., Fatoni, A. U., Hilman, H., Firdaus, A., Septianingsih, C., & Rosita, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Membaca Melalui Teks Naratif Digital Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.147