Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Membaca Melalui Teks Naratif Digital Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.147Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Keterampilan Membaca, Teks Naratif Bahasa InggrisAbstrak
Pentingnya berpikir kritis dan keterampilan membaca dalam proses pendidikan tidak dapat diabaikan. Karena keterampilan berpikir kritis membuat siswa dapat menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasikan informasi secara kritis, sedangkan keterampilan membaca merupakan faktor utama dalam memahami isi sebuah teks secara mendalam. Siswa MA Nuruh Hidayah kelas XII Bojonegara Kabupaten Serang provinsi Banten memiliki beberapa masalah yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan membaca teks berbahasa Inggris, diantaranya yaitu kurangnya minat dalam membaca, minimnya kosa kata Bahasa Inggris, sehingga keterampilan siswa dalam membaca dan memahami teks kurang maksimal. Oleh karena itu, peningkatan berpikir kritis dan keterampilan membaca dalam Bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting untuk dikuasai. Salah satu bentuk solusinya adalah dengan memanfaatkan teks naratif digital menggunakan salah satu media interaktif bernama Let's Read Asia. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan membaca siswa serta memperkaya kosakata Bahasa Inggris melalui pengalaman belajar yang menarik.
Referensi
Chalimah, S. N., & Kusumawati, E. R. (2020) Aktualisasi Budaya Literasi Digital Membaca Di MI Ma’arif Salatiga. Jurnal Elementary, 8 (1). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementar
Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1-14. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317
Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of education science, 7(2), 81-98. https://doi.org/10.33143/jes.v7i2.1566
Fatmawati, E. (2015). Media Baru Digital Storytelling di Perpustakaan. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 105-117. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12261
Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA The Utilisation of Digital Libraries as Electronic Learning Resources During the COVID-19 Pandemic at SMA Negeri 3 Batam. jpp, 21, 38526. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 14-30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15
Hilman, H., Fatihah, N. S., Anita, A., Sa'diah, S., & Amalia, Y. (2023). PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INGGRIS UNTUK PELAJAR SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR. DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 3(1), 1-6. https://dimastek.sttbandung.ac.id/index.php/dimastekjurnal_sttb/article/view/24
Jufrizal, J. (2022). PENGUATAN LITERASI MEDIA DIGITAL MAHASISWA PAI IAI ALMUSLIM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Ta'dib, 12(2), 53-57. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i2.213
Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019, July). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN (LITERATURE REVIEW). Irfani (e-Journal), 19(1), 86-107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897
Mulyaningtyas, R., & Setyawan, B. W. (2021). Aplikasi Let’s Read Sebagai Media Membaca Nyaring Untuk Anak Usia Dini. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 33-46. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i1.150
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922
Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(01), 1-8.
Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas v sd kristen harapan denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 45-54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24-31. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572
Wahyuningsih, S., & Susanti, R. D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Calon Guru Madrasah Ibtidaiyyah di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 1-18. : http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary
Winarso, A., Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis siswa SMP Negeri 2 Moga. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 16-27. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.342
Zakiyah, Z., Arisandi, M., Oktora, S. D., Hidayat, A., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Media Komik Digital Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicedu, 6(5), 8431-8440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3869.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yuli Rohmiyati, Ana Utami Faton, Hilman Hilman, Achmad Firdaus, Citra Septianingsih, Rosita Rosita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.