Inovasi Metode Pembelajaran Agama Islam Untuk Meningkatkan Keberagaman dan Toleransi di Majelis Taklim Intan Raudah Madinah Kota Kulon Garut

Penulis

  • Sofwan Jamil Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut, Garut, Indonesia
  • Usman Ahsanul Ahwal Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut, Garut, Indonesia
  • Lasmana Lasmana Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Garut, Garut, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.151

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Keberagaman, Toleransi

Abstrak

Kehidupan masyarakat Indonesia yang kaya akan keberagaman agama memerlukan pendekatan yang bijak untuk mempromosikan harmoni dan toleransi antaragama. Majelis Taklim Intan Raudah di Kota Kulon Garut memainkan peran sentral dalam mendidik masyarakat tentang Islam dan memfasilitasi dialog antaragama. Artikel ini mengulas upaya inovatif yang telah diambil oleh Majelis Taklim ini untuk meningkatkan pemahaman keberagaman dan toleransi di kalangan peserta serta dampak positifnya pada masyarakat. Pendekatan interaktif menjadi pilar utama dalam metode pembelajaran Majelis Taklim Intan Raudah. Peserta diundang untuk berdiskusi dan berbagi pandangan mereka tentang agama Islam, yang menciptakan ruang untuk pertukaran gagasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang keyakinan masing-masing. Teknologi juga dimanfaatkan dengan baik melalui penggunaan perangkat lunak dan aplikasi yang memberikan akses mudah ke sumber-sumber pendidikan tentang Islam. Selain pemahaman agama, Majelis Taklim ini memberikan pelatihan tentang keberagaman dan toleransi. Peserta dilatih untuk menghormati agama dan keyakinan orang lain, serta memahami pentingnya keragaman dalam masyarakat. Pendekatan ini telah menciptakan dampak positif seperti peningkatan pemahaman antaragama, peningkatan hubungan sosial, dan penurunan konflik berbasis agama. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Majelis Taklim Intan Raudah memberikan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif. Dengan inovasi metode pembelajaran agama Islam yang mereka terapkan, mereka telah membuka jalan untuk dialog antaragama yang lebih mendalam dan saling pengertian yang lebih besar. Semoga upaya seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi organisasi serupa di seluruh negeri untuk menciptakan masyarakat yang lebih toleran dan beragam.

Referensi

Ansori, A. (2018). Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Role Play dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 53-63.

Dwi, V. (2021). Internalisasi pendidikan multikultural dalam pendidikan agama islam untuk meningkatkan karakter siswa di era merdeka belajar. Journal of Islamic Education Policy, 6(1).

Muzaqi, S., A'la, B. A., Makhshun, T., & Ikwandi, M. R. (2022). Model Pembelajaran PAI Berbasis ISRA dalam Meningkatkan Moderasi Beragama Mahasiswa di Perguruan Tinggi. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 110-128.

Sopiansyah, D., & Erihardiana, M. (2021). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pendidikan Islam dan Nasional. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 88-98.

Winata, K. A., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 82-92.

Diterbitkan

2023-08-29

Cara Mengutip

Jamil, S., Ahwal, U. A., & Lasmana, L. (2023). Inovasi Metode Pembelajaran Agama Islam Untuk Meningkatkan Keberagaman dan Toleransi di Majelis Taklim Intan Raudah Madinah Kota Kulon Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(2), 148–152. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i2.151