Sosialisasi E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Produk Halal UMKM Tegal Salam Cariu

Penulis

  • Novingky Ferdinand STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Muhammad Salman Al Farisi STEBIS Bina Mandiri
  • Ermi Herawati STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia
  • Fauzan M. STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.155

Kata Kunci:

Produk Halal, E-Commerce, UMKM

Abstrak

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Istilah ini merujuk pada jenis-jenis usaha yang memiliki skala kecil atau menengah dalam hal jumlah karyawan, omset, dan aset. Dalam era digital, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menghadapi beberapa kendala yang perlu diaproduki agar dapat bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Beberapa UMKM mungkin tidak memiliki akses atau pengetahuan yang memadai tentang teknologi digital dan internet. Ini dapat membuat mereka kesulitan dalam mengadopsi solusi digital yang efektif untuk mengelola bisnis mereka. Keterampilan khusus yang diperlukan untuk memanfaatkan teknologi digital, seperti pemasaran online, e-commerce, analitik web, dan manajemen media sosial, sering kali tidak dimiliki oleh pemilik UMKM atau karyawan mereka. Salah satu solusi yang dapat dikedepankan dalam mengaproduki masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi digital e-commerce. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengaproduki kendala-kendala ini, UMKM perlu beradapproduki dengan perubahan digital dengan meningkatkan literasi digital dan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan jangkauan dan visibiliproduk mereka di pasar online. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan mengadakan sosialisasi bagi UMKM Tegal Salam Feed di Kecamatan Cariu Bogor. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku usaha UMKM Tegal Salam Feed tentang pentingnya literasi digital dalam mengembangkan bisnis. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaku usaha UMKM Tegal Salam Feed dapat memperoleh literasi dan pemahaman digital dengan memanfaatkan media e-commerce untuk mengembangkan bisnis.

Referensi

Alfarisi, M. S., Haryadi, R. N., & Sunarsi, D. (2022). Moslem Consumer Behavior on Buying Ticket Decision at Halal Tourism Fruit Garden Mekarsari Cileungsi. International Journal of Sharia Business Management, 1(1), 17-26.

Al Farisi, M. S., Nafi’Hasbi, M. Z., Cahyani, Y. T., & Kusbiantoro, S. (2021). Strategi Pemasaran Produk Usaha Pesantren untuk Meningkatkan Perekonomian Santri (Study Kasus PP. Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto).

Al Farisi, M. S., Riyanto, S., Herawati, E., Usman, U., & Syaeful, W. (2023). Meningkatkan Literasi Ekonomi Syariah Melalui Kegiatan Festival Ramadan di Kampus STEBIS Bina Mandiri Bogor. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 111–117.

Farozdaq, T. A., & Herdiana, W. (2022). PEMBERDAYAAN UMKM TAS KULIT YANG TERDAMPAK PANDEMI DENGAN PERANCANGAN DESAIN YANGTIMELESS GUNA MEMPERLUAS SKALA PASAR. MODA, 4(2).

Inayatulloh, I., Hasan, M. R., & others. (2022). Blockchain Technology to Improve Transparency Halal Food Global Supply Chain.

Inayatulloh, S. E. H., Hartono, I. K., Fachrul, A. F., Al Farisi, M. S., Sriwardiningsih, E., & Fachri, R. M. F. (n.d.). Blockchain Technology for Customer Protection in E-Commerce Transaction.

Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun tradisi enterpreneurship pada masyarakat. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Nafi’Hasbi, M. Z., Al Farisi, M. S., Cahyani, Y. T., & Kusbiantoro, S. (2021). Strategi Pemasaran Usaha Pp. Riyadlul Jannah Pacet Mojokerto Perspektif Ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(2), 19–25.

Oganda, F. P., Hardini, M., Ramadhan, T., & others. (2021). Pengaruh Penggunaan kontrak cerdas pada Cyberpreneurship Sebagai Media Pemasaran dalam Dunia Bisnis. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 55–64.

Sudaryono, S., Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 110–124.

Diterbitkan

2024-02-27

Cara Mengutip

Ferdinand, N., Al Farisi, M. S., Herawati, E., & M. , F. (2024). Sosialisasi E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Produk Halal UMKM Tegal Salam Cariu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.155