Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber di Mahad IT Anamta Syameela

Authors

  • Slamet Raharjo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Kahfi Heryandi Suradiradja Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia
  • Dani Ramdani Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.157

Keywords:

Siber, Keamanan, Privasi

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban yang dibebankan kepada dosen Universitas Pamulang yang dilaksanakan setiap semester. Pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, pengabdian dilakukan di Ma’had IT An'amta Syameela yang berada di bawah naungan Yayasan Syameela Membangun. Tujuan dari Mahad IT ini mencetak generasi muslim yang siap mengemban amanah berupa dakwah kepada umat melalui multimedia, pemahaman ilmu teknologi informasi yang bersifat positif serta membangun semangat persatuan umat. Keamanan siber (Cyber Security) di sekolah / mahad menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan komputer terutama internet dalam pendidikan. Sekolah/mahad perlu memprioritaskan keamanan siber dan menginvestasikan sumber daya untuk melindungi data, privasi, dan sistem mereka agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan aman dan efektif. Metodelogi pelaksanaan kegiatan melalui tahapan survey kebutuhan, persiapan alat, pelaksanaan kegiatan, tahap evaluasi dan keberlanjutan program. Dapat disimpulakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pema-haman bagi para santri dan pengurus Mahad IT Anamta Syameela akan pentingnya keamanan siber atau Cyber Security dan adanya peningkatan kesadaran keamanan siber atau Cyber Security Aware-ness bagi para santri dan pengurus di Mahad IT Anamta Syameela.

References

BSSN, 2020. Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional, Laporan Tahun 2020 (Monitoring Keamanan Siber). Jakarta: Badan Siber Dan Sandi Negara.

Clarke, Richard et. al. 2010. Cyber War: The Next Threat to National Security and What to Do about It, HarperCollins Publishers, 290 pages., 3.

Dafydd Stuttard, Marcus Pinto. 2008. The Web Application Hacker's Handbook: Finding and Exploiting Security Flaws, Willey Publishing.

Jon Erickson. 2008. Hacking: The Art of Exploitation, No Starch Press, Inc.

Ross J. Anderson. 2008. Security Engineering: A Guide to Building Dependable Distributed Systems, Wiley Publishing.

William Stallings. 2017. Network Security Essentials: Applications and Standards, Pearson Education Limited.

Published

2024-02-07

How to Cite

Raharjo, S., Suradiradja, K. H., & Ramdani, D. (2024). Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber di Mahad IT Anamta Syameela. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 9–14. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.157