Pelatihan Pembuatan Video Promosi pada Komunitas Pedagang Daring di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.158Kata Kunci:
Pelatihan, Video, Promosi, PedagangAbstrak
Teknologi dan informasi harus dimanfaatkan oleh pedagang agar dapat bersaing dan meraih pasar yang lebih besar. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pasar adalah dengan menguasai metode pemasaran yang efektif. Promosi merupakan salah satu metode pemasaran yang efektif yang dapat dilakukan. Namun, banyak pedagang yang menghadapi berbagai masalah dalam membuat konten pemasaran persuasif. Masalah yang sering muncul adalah pengusaha tidak memaksimalkan promosi dengan baik dan kurangnya konsistensi pedagang dalam kegiatan promosi secara rutin. Materi promosi tidak hanya digunakan oleh pedagang untuk menjual produk, tetapi juga untuk membangun keterikatan dengan pembeli dan pelanggan. Metode pelatihan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan menetapkan jadwal edukasi, jadwal praktik pelatihan pembuatan video, pelaksanaan edukasi, pelaksanaan praktik/pelatihan, pemantauan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Luaran yang dihasilkan adalah kemampuan para pedagang daring untuk membuat materi video promosi yang berkaitan dengan pengenalan produk yang dijual. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada komunitas pedagang dalam memahami pentingnya membuat materi video promosi supaya produk mereka dapat dikenal dengan baik oleh masyaraka. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat produk yang mereka jual dapat dikenal masyarakat dari berbagai kalangan.
Referensi
Brown, J. S., Prusak, L., Denning, S., & Groh, K. (2005). Storytelling in organizations: Why storytelling is transforming 21st century organizations and management. Burlington: Elsevier Butterworth-Heinemann
Jafar, A., & Wahyuni. (2016). Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Media, K. C. (2020, November 13). Nearly Three in Every Four Indonesians are Internet Users Halaman all. KOMPAS.com. https://go.kompas.com/read/2020/11/13/193318074/nearly-three-in-every-four-indonesians-are-internet-users?page=all#google_vignette
Kurniawan, H., & Wahyurini, O. D. (2017). Perancangan Video Promosi Pasar Seni Tradisional Kumbasari Sebagai Pusat Busana Khas Bali Di Denpasar. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 5(2). DOI: 10.12962/j23373520.v5i2.20732
Odden, L. (2013). Engaging more influencers and buyers with content marketing. Public Relations Tactics, 20(8), 18.
Sanjaya, Wina (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Rofik, M., & Khamainy, A. H. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN PLATFORM E-COMMERCE GUNA MENARIK MINAT SISWA BERWIRAUSAHA (PELATIHAN BAGISISWA KELAS 3 MA ASWAJA AMBUNTEN). 4(2), 127–136. DOI: https://doi.org/10.29062/ABDI_KAMI.V4I2.707
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sawqi Saad El Hasan, Suratminingsih Suratminingsih, Rofiq Noorman Haryadi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.