Menulis Untuk Masa Depan: Pelatihan Artikel Ilmiah Bagi Guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur

Penulis

  • Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
  • Septi Fitri Meliana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Zulfadewina Zulfadewina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
  • Zulherman Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i2.162

Kata Kunci:

Guru SD, Pelatihan artikel ilmiah, Kemampuan Menilus

Abstrak

Di era globalisasi, guru dituntut untuk tidak hanya mengajar tetapi juga berkarya dalam bidang ilmiah. Salah satu bentuk karya ilmiah yang penting adalah artikel ilmiah. Artikel ilmiah menjadi media bagi guru untuk menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru, serta berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan artikel ilmiah bagi guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur dan mengukur efektivitas pelatihan tersebut terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah para guru. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mengukur efektivitas pelatihan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan menulis artikel ilmiah. Pelatihan artikel ilmiah bagi guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur dilaksanakan dengan sukses. Para guru menunjukkan antusiasme dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti pelatihan. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan menulis artikel ilmiah para guru meningkat secara signifikan setelah mengikuti pelatihan. Pelatihan artikel ilmiah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah para guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur. Pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi para guru untuk terus berkarya dalam bidang ilmiah dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

Referensi

Alfalah, A., & Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547

Hancock, J., & Hancock, A. (2024). School leaders as projective agents: online spaces for heritage languages during COVID-19. Current Issues in Language Planning. https://doi.org/10.1080/14664208.2024.2309777

Ilham, M., & Muhammadiyah Makassar, U. (2024). Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2).

Jensen, M. T., Solheim, O. J., & Olsen, E. (2024). Leader support in relation to teacher self-efficacy, classroom emotional climate and students’ literacy skills in elementary school. Scandinavian Journal of Educational Research. https://doi.org/10.1080/00313831.2024.2348451

Lemmi, C., & Pérez, G. (2024). Translanguaging in elementary science. International Journal of Science Education, 46(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/09500693.2023.2185115

Maimunah, Yenita Roza, Putri Yuanita, Nahor Murani Hutapea, & Kartini. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA dan SMK Di Bengkalis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(3), 162–168. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i3.231

Rosmiati, A. (2013). Buku Melejitkan Kemahiran Menulis Karya Ilmiah (Vol. 1).

Rosmiati, A. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.

Sakti Lumban Gaol, R., David Sidebang, D., Amelia Taufiq, T., William Iskandar Ps, J. V, Baru, K., Percut Sei Tuan, K., & Deli Serdang, K. (2024). Penulisan Teks Artikel Ilmiah. Jurnal Bintang Pendidikan DanBahasa, 2(3), 107–114. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i3.844

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Latifah, N. ., Meliana, S. F. ., Zulfadewina, Z., & Zulherman, Z. (2024). Menulis Untuk Masa Depan: Pelatihan Artikel Ilmiah Bagi Guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i2.162