Menulis Untuk Masa Depan: Pelatihan Artikel Ilmiah Bagi Guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i2.162Kata Kunci:
Guru SD, Pelatihan artikel ilmiah, Kemampuan MenilusAbstrak
Di era globalisasi, guru dituntut untuk tidak hanya mengajar tetapi juga berkarya dalam bidang ilmiah. Salah satu bentuk karya ilmiah yang penting adalah artikel ilmiah. Artikel ilmiah menjadi media bagi guru untuk menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru, serta berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan artikel ilmiah bagi guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur dan mengukur efektivitas pelatihan tersebut terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah para guru. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan, sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk mengukur efektivitas pelatihan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan menulis artikel ilmiah. Pelatihan artikel ilmiah bagi guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur dilaksanakan dengan sukses. Para guru menunjukkan antusiasme dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti pelatihan. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan menulis artikel ilmiah para guru meningkat secara signifikan setelah mengikuti pelatihan. Pelatihan artikel ilmiah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah para guru SDN Kramat Jati 11 Jakarta Timur. Pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi para guru untuk terus berkarya dalam bidang ilmiah dan berkontribusi pada kemajuan pendidikan di Indonesia.
Referensi
Alfalah, A., & Razak, A. (2023). Prates Keterampilan Membaca Kritis Aspek Nonnaratif Artikel Ilmiah Jurnal Online. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(6), 755–764. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i6.547
Hancock, J., & Hancock, A. (2024). School leaders as projective agents: online spaces for heritage languages during COVID-19. Current Issues in Language Planning. https://doi.org/10.1080/14664208.2024.2309777
Ilham, M., & Muhammadiyah Makassar, U. (2024). Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2).
Jensen, M. T., Solheim, O. J., & Olsen, E. (2024). Leader support in relation to teacher self-efficacy, classroom emotional climate and students’ literacy skills in elementary school. Scandinavian Journal of Educational Research. https://doi.org/10.1080/00313831.2024.2348451
Lemmi, C., & Pérez, G. (2024). Translanguaging in elementary science. International Journal of Science Education, 46(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/09500693.2023.2185115
Maimunah, Yenita Roza, Putri Yuanita, Nahor Murani Hutapea, & Kartini. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA dan SMK Di Bengkalis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(3), 162–168. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i3.231
Rosmiati, A. (2013). Buku Melejitkan Kemahiran Menulis Karya Ilmiah (Vol. 1).
Rosmiati, A. (2017). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.
Sakti Lumban Gaol, R., David Sidebang, D., Amelia Taufiq, T., William Iskandar Ps, J. V, Baru, K., Percut Sei Tuan, K., & Deli Serdang, K. (2024). Penulisan Teks Artikel Ilmiah. Jurnal Bintang Pendidikan DanBahasa, 2(3), 107–114. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i3.844
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Latifah, Septi Fitri Meliana, Zulfadewina Zulfadewina, Zulherman Zulherman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.