Pelatihan Starup Digital dan Digital Marketing bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro

Penulis

  • Yan Aditiya Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Sri Rahayu Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Stefanus Rumangkit Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.17

Kata Kunci:

Digital Marketing, Sosial Media Marketing, Branding, SMAN 1 Metro

Abstrak

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMAN 1 Metro yang erfokus pada kelas XII  karena belum adanya minat dari siswa dan siswi SMAN 1 Metro untuk bewirausaha dan masih belum memahami bagaimana caranya memulai bisnis. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan beberapa siswa, ditemukan fakta bahwa: 1) Siswa – Siswi belum memiliki minat untuk berwirausaha, 2) terdapat siswa yang memiliki minat untuk memulai berwirausaha, tetapi masih belum memiliki pengetahuan yang cukup, 3) minimnya pengetahuan siswa-siswi mengenai digital marketing.  Hal ini juga diperkuat dengan hasil survei yang menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang diajukan pertanyaan terkait minat berwirausaha hanya 5 yang menjawab berminat untuk berwirausaha, Lalu tim PKM juga menanyakan tentang digital marketing, dari 30 siswa yang menjawab, hanya 10 siswa yang mengetahui digital marketing, walaupun jawaban yang dilontarkan hanya sebatas pengetahuan dasar.Oleh karena itu, tim pengabdi melihat bahwa ini merupakan salah satu tantangan bagi tim pengabdi untuk membantu SMAN 1 Metro untuk berbagi pengetahuan mengenai memulai bisnis dan digital marketing. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi/ penyuluhan, diskusi, simulasi, dan penerapan. Hasil kegiatan PKM ini yaitu pemaparan materi E-Business Concept, Social Media Marketing, Management Branding Media Social, Personal Branding, pendampingan bisnis dan proposal kompetisi nasional FIKSI. Kegiatan PKM ini membawa dampak yang positif yang menjadi rinspirasi untuk menjadi wiraswasta muda, dan memiliki pengetahuan dasar untuk menjalankan bisnis. Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa dan siswi akan mendorong minta berwiraswasta mereka. Materi yang dipaparkan membuat para siswa mengetahui bagaimana cara simpel untuk memulai bisnis, membangun merek dengan pemanfaatan media sosial, dan membangun personality sebagai pebisnis.

Referensi

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM CImanggis. 1(1), 10–16.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/08/05/1813/ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2021-tumbuh-7-07-persen--y-on-y-.html , diakses pada September 2021

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021#:~:text=Badan%20Pusat%20Statistik%20(BPS)%20mencatat,sebesar%206%2C93%20juta%20orang, diakses pada September 2021

Jakarta, Koran (2018). Gerakan Kewirausahaan: Jumlah Wirausaha Tembus 3,1 Persen. Tersedia di: http://www.koran-jakarta.com/jumlah-wirausaha-tembus-3-1-persen/ , diakses pada November 2018

https://www.gemconsortium.org/report/48772 (Diakses pada tanggal 10 November 2018, pukul 21.00 Wib)

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-10

Cara Mengutip

Yan Aditiya, Sri Rahayu, & Rumangkit, S. (2021). Pelatihan Starup Digital dan Digital Marketing bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.17