Pelatihan Starup Digital dan Digital Marketing bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Metro
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.17Kata Kunci:
Digital Marketing, Sosial Media Marketing, Branding, SMAN 1 MetroAbstrak
Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SMAN 1 Metro yang erfokus pada kelas XII karena belum adanya minat dari siswa dan siswi SMAN 1 Metro untuk bewirausaha dan masih belum memahami bagaimana caranya memulai bisnis. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan beberapa siswa, ditemukan fakta bahwa: 1) Siswa – Siswi belum memiliki minat untuk berwirausaha, 2) terdapat siswa yang memiliki minat untuk memulai berwirausaha, tetapi masih belum memiliki pengetahuan yang cukup, 3) minimnya pengetahuan siswa-siswi mengenai digital marketing. Hal ini juga diperkuat dengan hasil survei yang menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang diajukan pertanyaan terkait minat berwirausaha hanya 5 yang menjawab berminat untuk berwirausaha, Lalu tim PKM juga menanyakan tentang digital marketing, dari 30 siswa yang menjawab, hanya 10 siswa yang mengetahui digital marketing, walaupun jawaban yang dilontarkan hanya sebatas pengetahuan dasar.Oleh karena itu, tim pengabdi melihat bahwa ini merupakan salah satu tantangan bagi tim pengabdi untuk membantu SMAN 1 Metro untuk berbagi pengetahuan mengenai memulai bisnis dan digital marketing. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi/ penyuluhan, diskusi, simulasi, dan penerapan. Hasil kegiatan PKM ini yaitu pemaparan materi E-Business Concept, Social Media Marketing, Management Branding Media Social, Personal Branding, pendampingan bisnis dan proposal kompetisi nasional FIKSI. Kegiatan PKM ini membawa dampak yang positif yang menjadi rinspirasi untuk menjadi wiraswasta muda, dan memiliki pengetahuan dasar untuk menjalankan bisnis. Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa dan siswi akan mendorong minta berwiraswasta mereka. Materi yang dipaparkan membuat para siswa mengetahui bagaimana cara simpel untuk memulai bisnis, membangun merek dengan pemanfaatan media sosial, dan membangun personality sebagai pebisnis.
Referensi
Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM CImanggis. 1(1), 10–16.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/08/05/1813/ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2021-tumbuh-7-07-persen--y-on-y-.html , diakses pada September 2021
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021#:~:text=Badan%20Pusat%20Statistik%20(BPS)%20mencatat,sebesar%206%2C93%20juta%20orang, diakses pada September 2021
Jakarta, Koran (2018). Gerakan Kewirausahaan: Jumlah Wirausaha Tembus 3,1 Persen. Tersedia di: http://www.koran-jakarta.com/jumlah-wirausaha-tembus-3-1-persen/ , diakses pada November 2018
https://www.gemconsortium.org/report/48772 (Diakses pada tanggal 10 November 2018, pukul 21.00 Wib)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yan Aditiya, Sri Rahayu, Stefanus Rumangkit
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.