Pelatihan Dan Penguatan Strategi Peningkatan Mutu Di SMK It Al Junaediyah
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i2.170Kata Kunci:
Strategi, Mutu Pendidikan, Globalisasi, Daya SaingAbstrak
Penguatan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK IT Al Junaediyah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan strategi pembelajaran dan manajemen sekolah yang efektif. Program ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital serta meningkatkan daya saing lulusan SMK IT Al Junaediyah di dunia kerja dan pendidikan lanjutan. Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan SMK IT Al Junaediyah dapat terus meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan pendidikan tinggi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan strategi peningkatan mutu pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Kegiatan pengabdian difokuskan pada strategi peningkatan mutu khas sekolah yaitu: 1) program sekolah peradaban sebagai sebuah program yang dilaksanakan secara terpadu mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia, sarana-prasarana, kegiatan akademik dan nonakademik; 2) Strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, dilakukan melalui upaya peningkatan dalam aspek: 1) partisipasi orang tua; 2) pengelolaan kelas dan sekolah; 3) profesionalisme kepala sekolah dan guru; 4) insentif dan disinsentif; 5) keislaman; 6) keilmuan dan keterampilan; dan 7) kedisiplinan.
Referensi
Aljabar, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, ed. by Gofur Diah Ayu, Deepublish, 2020, 101.
Anakk Di and Sekolah Dasar, ‘Dini Andriani, 2020 UPAYA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia │ Repository.Upi.Edu │ Perpustakaan.Upi.Edu’, 102.1996 (2020).
Bambang Ismaya, Pengelolaan Pendidikan (Bandung: PT Refika Aditama, 2015).
Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 Dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan Perlindungan Anak Tahun 2022 | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)’ <https://www.kpai.go.id/publikasi/catatan-pelanggaran-hak-anak-tahun-2021-dan-proyeksi-pengawasan-penyelenggaraan-perlindungan-anak-tahun-2022> [accessed 24 September 2022].
Dasar Anak Pada Program “Kota Layak Anak” Di Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu’, Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 5.1 (2016), 37–49 <https://doi.org/10.22202/MAMANGAN.V5I1.1928.G957>.
Djum Djum Noor Benty and Imam Gunawan, Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik (Bandung: Alfabeta, 2017).
KPAI: Kasus Kekerasan Anak Dalam Pendidikan Meningkat Tahun 2018’ <https://www.voaindonesia.com/a/kpai-kasus-kekerasan-anak-dalam-pendidikan-meningkat-tahun-2018/4718166.html> [accessed 27 September 2022].
Luthfi Zulkarmain, ‘Analisis Mutu (Input Proses Output) Pendidikan Di Lembaga Pendidikan MTs Assalam Kota Mataram Nusa Tenggara Barat’, Manazhim, 3.1 (2021), 17–31 <https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.946>.
Metodologi Penelitian Pendekatan Teori Dan Praktik - Google Books’ <https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendekatan_Teori_d/CaeBEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Proses+analisis+data+dilakukan+dalam+tiga+tahap,+yaitu:+data+reduction,+data+display,+dan+data+conclusing+drawing/verification.&pg=PT79&printsec=frontcover> [accessed 20 September 2022].
Muh. Hambali and Mu’alimin, ‘Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer: Strategi Pengelolaan Pendidikan Islam Di Era Industri 4.0’, IRCisod, 2021, 13–327 <http://digilib.iain-jember.ac.id/id/eprint/1045> [accessed 27 September 2022].
Permendikbud No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru [JDIH BPK RI]’ <https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007> [accessed 28 September 2022].
Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah [JDIH BPK RI]’ <https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138182/permendikbud-no-6-tahun-2018> [accessed 28 September 2022].
Sandu Siyoto and Ali Sodik, ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’, ed. by Ella Deffi Lestari, CV Jejak, 2018, 54–68 <https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en> [accessed 25 September 2022].
SMK IT AL JUNAEDIYAH - Sekolah Peradaban - Peraturan Sekolah’ <https://www.smkitaljunaediyah.com/peraturan-sekolah> [accessed 28 September 2022].
SOSIOLOGI : - Jilid 2 - Google Books’ <https://www.google.co.id/books/edition/SOSIOLOGI_Jilid_2/Aoy79OLZ03oC?hl=id&gbpv=1&dq=kebudayaan+selo+sumardjan&pg=PP123&printsec=frontcover> [accessed 25 September 2022].
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]’ <https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003> [accessed 20 September 2022].
Warne Tune Sumar and Intan Abdul Razak, Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill, 1st edn (Yogyakarta: Deeppublish, 2016)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yudi Ruswandi, Saehudin SaehudinSaehudin, Wawa Rijaludawa, M. Minhaj Qayum
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.