Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Ilmu Eksakta pada Pondok Pesantren Fajrussalam Bogor

Authors

  • Listiana Satiawati Universitas Trisakti
  • Yusraida Khairani Dalimunthe Universitas Trisakti
  • Surya Darma Hafiz Universitas Trisakti
  • Darmasetiawan Hakim Universitas Trisakti
  • Sulthon Abdurrosyid Universitas Trisakti
  • Lisa Sugiarti Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.33

Keywords:

Exact science, Fajrussalam Islamic Boarding School, Community Service

Abstract

Latar belakang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah sebagai kewajiban kepada kami sebagai dosen dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Kami mendapatkan data yang kami lakukan pada tanggal 10 Januari 2018 pada murid setingkat SLTP di pesantren ini pada umumnya kurang mengenal tentang pendidikan setelah lulus nanti. Pelaksaaan pendidikan di Pondok Pesantren Fajrussalam dalam bidang agama sudah bagus tetapi kami menemukan bahwa pendidikan ilmu eksakta banyak kekurangannya. Tujuan pelaksanaan PkM kami adalah memberikan peningkatan pengajaran ilmu eksakta yang berupa saran, pelatihan dan sumbangan. Dalam pelaksanaan PkM ini ada beberapa cara yang kami lakukan saran untuk kurikulum kami yaitu kami memberikan contoh kurikulum; pelatihan ilmu eksakta untuk para pengajar mata pelajaran eksakta dan ceramah tentang ilmu eksakta dan hubungannya dengan pendidikan tinggi serta sumbangan bahan ajar. Pelaksanaan PkM ini merupakan lanjutan yang telah kami lakukan selama beberapa kali di Pesantern ini. Pada pelaksaan PkM sebelumnya kami sudah menyarankan perubahan kurikulum yang berupa penambahan jam pelajaran matematika dan IPA dalam satu minggu, memberikan  sumbangan infocus, powerpoint dan buku-buku, pelatihan matematika kepada para pengajar mata pelajaran matematika. Tetapi untuk pelaksanaan PkM tahun akademik 2020/2021 karena adanya pandemi covid 19 maka pelaksanaan kami dilakukan secara luring dan daring. Materinya untuk kurikulum berupa contoh kurikulum dari pesantren lain yang kami anggap lebih berhasil, pencerahan untuk para murid tentang pendidikan tinggi oleh mahasiswa kami dari Teknik Perminyakan yang alumni dari pondok pesantren lain dan sumbangan buku Rangkuman IPA untuk SLTP kelas 7-9. Kesimpulannya kami telah melaksanakan PkM tahun akademik 2002/2021 ini meskipun dengan cara yang sederhana.

References

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI.

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. (2018). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII.

Duch, B.J. et.al. (2001). The Power of Problem Based Learning. Stylus Publishing. LLC. Virginia. USA.

Kamarza, M., Elsa, K. (2017). Makalah Two-Day Workshop: Penerapan Student-Centered

Learning (SCL) di Perguruan Tinggi melalui Metode Problem Based Learning (PBL), Kampus Universitas Trisakti, Jakarta

Listiana, S., Darmasetiawan, H., Dina, A. C., Ziad, Rizky, A., dan Lisa, S. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pelajaran Matematika di Pondok Pesantren Fajrussalam Bogor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, e-ISSN 2721-0634, p-ISSN 2684-9011 Volume 3 No. 1, Maret 2021. https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/jamin/issue/view/875/showToc

Listiana, S., Muhammad, T. F., Dharmasetiawan, H., Yusraida, K.D., Ziad, Aldi, A. (2019). Peningkatan Kualitas Pengajaran Matematika serta Penyuluhan Teknologi Kebumian dan Energi untuk Ustadz, Ustadzah, Santri, dan Santriyah Satuan Pendidikan Mu’adalah Pondok Pesantren Fajrussalam Bogor. Buletin S2 Teknik Perminyakan. Vol VIII, No.1

Marsudi, R. (2013). Matematika 1 (SMP Kelas 1) Kurikulum 2013. Penerbit Erlangga.

Tim Sarana Aksara (2020), Rangkuman dan Rumus Lengkap IPA Terpadu SMP/MTs Kelas 7,8,9. Penerbit Sarana Aksara.

Woods, D.R. (1995). How to gain the most from PBL. Donald R. Woods Publisher

Published

2022-02-03

How to Cite

Satiawati, L., Dalimunthe, Y. K. ., Hafiz, S. D. ., Hakim, D. ., Abdurrosyid, S. ., & Sugiarti, L. . (2022). Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Ilmu Eksakta pada Pondok Pesantren Fajrussalam Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 16–22. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.33