Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat

Penulis

  • Eni Saeni Universitas Bina Sarana Informatika
  • RR Roosita Cindrakasih Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wulan Muhariani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Herman Herman Universitas Bina Sarana Informatika
  • Priyo Lulut Anggito Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dina Safira Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.48

Kata Kunci:

Public speaking, Percaya Diri, Pelatihan

Abstrak

Berbicara di depan khalayak atau public speaking merupakan keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh semua orang, termasuk anak-anak. Public speaking tidak dapat dihindari karena pada dasarnya manusia selalu melakukan komunikasi bahkan seringkali harus dilakukan di hadapan sejumlah orang dengan berbagai tujuan.  Namun, banyak orang menghindari public speaking meskipun hanya untuk mengungkapkan pendapat pribadi. Namun, banyak anak merasa kurang bahkan tidak mampu berbicara di depan umum karena kurang percaya diri, tidak menguasai materi, atau tidak paham bagaimana melakukannya.  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul Pelatihan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri kepada anak- anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok, Jawa Barat. Tujuan umum dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis tentang public speaking kepada para siswa yang tinggal di Yayasan Yatim Piatu Sakinah Depok. Pelatihan ini juga untuk mengembangkan kompetensi andragogik antara para pembina dalam hal cara berkomunikasi kepada anak- anak penghuni yayasan panti asuhan. Metode yang digunakan adalah metode penyampaian materi secara langsung, simulasi dan diskusi interaktif mengenai dasar public speaking, teknik berkomunikasi yang efektif dan baik, dan berbagai tips untuk mengembangkan diri terutama dalam hal public speaking. Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dasar dan teknik public speaking serta praktik langsung. Pelaksanaan dimulai dari tahap observasi awal, orientasi, pengenalan materi, praktek, dan diakhiri dengan evaluasi. Sedangkan untuk penelitian menggunakan metode kualitatif dengan paradigma deskriptif. Adapun hasil penelitian dari kegiatan ini, pengabdi merekomendasikan sebagai berikut: 1) Harus ada pelatihan terus menerus yang didampingi ahlinya, misal bekerja sama dengan lembaga public speaking atau universitas, 2) Harus ada pelatihan tambahan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Referensi

Barnard, D. (2017). What are the Benefits of Public Speaking? Retrieved from https://virtualspeech.com/blog/what-are-the-benefits-of-public-speaking%0A

Baumeyer, K. (2018). Public Speaking as a Communication Process. Retrieved from https://study.com/academy/lesson/public-speaking-as-a-communication-process.html

Endahati, N., & Purwanto, E. (2016). Investigating the Benefits of Mobile Phone Technology toward the Teaching and Learning Practices at Higher Schools. Ahmad Dahlan Journal of English Studies (ADJES), 3(1).

Hojanto, O. (2016). Public Speaking Mastery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hudoro, S. (2000). Cara Berbicara dan Presentasi dengan Audio Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Retrieved from Presentasi Net website: https://www.presentasi.net/author/noerpresadm/

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif Roswita Oktavianti1 dan Farid Rusd. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Stewart, F., & Tassie, K. (2011). Changing the Atmos’fear’ in the Public Speaking Classroom. International

Journal of Humanities and Social Science, 1(7). Turistiati, A. T. (2019a).

Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Karakter Anak di Cilendek Barat dan Timur - Kecamatan Bogor Barat. Jurnal PKM Abdi Moestopo, 2(1).

Turistiati, A. T. (2019b). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas, 1(2).

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-03

Cara Mengutip

Saeni, E., Cindrakasih, R. R. ., Wulan Muhariani, Herman, H., Anggito, P. L. ., & Safira, D. . (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.48