Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market

Penulis

  • Ade Ridwan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
  • Anisa Marfuah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
  • Said Mustofa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
  • Setiadi Santoso Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
  • Juhaeri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
  • Sachro Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.67

Kata Kunci:

Segmenting, Targeting, Possisioning, UMKM, Kesejahteraan Masyarakat

Abstrak

Pengabdian ini berjudul Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pemasaran dengan menggunakan teknik segmenting, targeting dan possisioning yang tepat untuk digunakan para UMKM dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen pemasaran dan re-targeting produk UMKM disaat pandemi yang erat kaitannya dengan kondisi new normal dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM Program Binaan Jabar Juara Kota Depok yang terbantu dalam membuka wawasan dan pengetahuan tambahan dalam memsarkan produknya secara efektif dan efisien. Peserta PKM yang tergabung dalam program binaan UMKM Jabar Juaran Kota Depok, telah mengetahui dan memahami teknik yang tepat dalam menerapkan strategi Segmenting, Targeting dan Positioning dalam upaya memasarkan dan menjual produknya kepada konsumen.

Referensi

Assauri, Sofjan, (1999). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.

Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kotler, Philip, (1994). Marketing management: Analysis, planning, implementation, and control, prentice hall

Laudon, K. C. (2008). E-Commerce: business, technology. Person India.

Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (2021).

Rangkuti, Freddy. (1997). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, (2001). Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta.

Sunarto Andi. 2009. Seluk Beluk E-commerce. Gerai ilmu, yogyakarta

Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Ade Ridwan, Anisa Marfuah, Said Mustofa, Setiadi Santoso, Juhaeri, & Sachro. (2022). Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.67