Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.67Kata Kunci:
Segmenting, Targeting, Possisioning, UMKM, Kesejahteraan MasyarakatAbstrak
Pengabdian ini berjudul Meningkatkan Penjualan UMKM Binaan Program Jabar Juara Kota Depok Melalui Optimalisasi Target Market. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pemasaran dengan menggunakan teknik segmenting, targeting dan possisioning yang tepat untuk digunakan para UMKM dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen pemasaran dan re-targeting produk UMKM disaat pandemi yang erat kaitannya dengan kondisi new normal dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kegiatan PKM ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM Program Binaan Jabar Juara Kota Depok yang terbantu dalam membuka wawasan dan pengetahuan tambahan dalam memsarkan produknya secara efektif dan efisien. Peserta PKM yang tergabung dalam program binaan UMKM Jabar Juaran Kota Depok, telah mengetahui dan memahami teknik yang tepat dalam menerapkan strategi Segmenting, Targeting dan Positioning dalam upaya memasarkan dan menjual produknya kepada konsumen.
Referensi
Assauri, Sofjan, (1999). Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi, Rajawali Press, Jakarta.
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Kotler, Philip, (1994). Marketing management: Analysis, planning, implementation, and control, prentice hall
Laudon, K. C. (2008). E-Commerce: business, technology. Person India.
Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (2021).
Rangkuti, Freddy. (1997). Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, (2001). Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta.
Sunarto Andi. 2009. Seluk Beluk E-commerce. Gerai ilmu, yogyakarta
Sutrisno, A., Mulyono, S. E., Wafa, H., & Tjahyadi, I. (2021). Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 91-96
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ade Ridwan, Anisa Marfuah, Said Mustofa, Setiadi Santoso, Juhaeri, Sachro
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.