Pelatihan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis ICT

Authors

  • Anisa Mutiara Insani STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Fitria Zulfa STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Nour Khalid STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Septian Eka Prahardik STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia
  • Nurul Alda STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.161

Keywords:

SMP Muttaqin, Pelatihan media pembelajaran, ICT

Abstract

SMP Muttaqin terletak di dusun sukawera desa mekarjaya kecamatan compreng kabupaten subang. sosialisasi pengelolaan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) bagi siswa SMP Muttaqin merupakan upaya pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh siswa dan siswi SMP Muttaqin adalah kurangnya pengetahuan dan wawasan dalam dunia digital terutama dalam hal media pembelajaran menggunakan aplikasi google meet. Oleh karena itu, tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMP Muttaqin agar dapat melakukan pembelajaran melalui aplikasi google meet dengan mudah dan dapat dimengerti. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Mekarjaya meliputi penyampaian materi, demonstrasi praktis, dan sesi tanya jawab. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman guru-guru tentang penggunaan media pembelajaran berbasis ICT serta peningkatan keterampilan siswa dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sehari-hari. Implikasi dari pengabdian ini adalah meningkatnya kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah menengah pertama melalui pemanfaatan teknologi, sehingga mendorong inovasi dan pembaruan dalam proses pembelajaran.

References

Algonz D.B. Raharja (2022) Mengenal aplikasi google meet

Daryana, A., Susanti, I., Hidayat, P., & Kemala, R. (2023). Perencanaan Pembelajaran PAUD yang Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 153-157.

Ema Martiana (2020) Penggunaan ICT dalam pembelajaran 3. 1579-1583.

Hasanah, N., & Monica, A. V. (2023). Psengabdian Kepada Masyarakat: Pemilihan Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 45-53.

Hilmawan, R., & Putri, D. A. (2021). Pemberdayaan Remaja Melalui Poster Kesehatan Online Di Desa Pulau Harapan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 113-119.

Karimah, M., Supriyatna, S., & Rozali, C. (2024). Penggunaan Figma dalam Menggali Kreativitas Desain UI/UX Web pada SMK IT Bina Adzkia. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6-10.

M.Wangge (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah, 1. 31-38

R.Wb, T Prayoga, Z. Ma (2023) Media pembelajaran berbasis ICT 03. 47-55

Setyorini, R. (2015). Pemanfaatan Internet Sebagai Implementasi ICT Dan Sarana Memotivasi Belajar Sastra Di Sekolah. Prosiding Workshop Nasional, 89-101.

Susilo, A., & Wulansari, R. (2021). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Ulead Video Studio 11 Bagi Guru SMP dan Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 120-131.

Published

2024-02-28

How to Cite

Insani, A. M., Zulfa, F. ., Khalid, N., Prahardik, S. E., & Alda, N. (2024). Pelatihan Pengelolaan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 28–34. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.161