Pembekalan Metode Pengajaran Imla’ Bagi Pengajar Bimbingan Masuk Gontor Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i2.26Kata Kunci:
Bimago, Imla’, and PondokAbstrak
Kepercayaan yang besar terhadap Pondok Modern Darussalam Gontor ditunjukkan oleh mas¬yarakat dengan datangnya ribuan calon pelajar dari seluruh Indonesia untuk men¬daf¬tar¬kan diri dan mengikuti ujian seleksi di Pondok Modern Darussalam Gontor. Materi Imla adalah salah satu materi yang diujikan dalam ujian masuk Pondok Modern Darussalam Gontor. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membekali para pengajar untuk melaksakan bimbingan masuk Gontor. Bimago Yogyakarta adalah lembaga penyelenggara kursus persiapan calon santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Bimago Yogyakarta bekerjasama dengan IKPM Yogayakarta mengadakan Pembekalan Metode Pengajaran Imla’ Bagi Pengajar Bimago Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan workshop dengan tiga tahapan, pemaparan materi, praktek mengajar dan evaluasi. Hasil dari pengabdian masyarakat berupa penanaman dua metode self preparation methode dan student as observation object dalam pengajaran imla’.
Referensi
Amaliyah, D. A. (2019). Pola komunikasi pembimbing dalam penguatan mental anggota bimbingan belajar Simulasi Gontor (Sigor): studi deskriptif pada bimbingan belajar Simulasi Gontor Di Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Ashoumi, H., Chotimah, C., Zulfah, M. A., Rahmawati, R., & others. (2020). Pelatihan Metode Pembelajaran Mind Mapping Bagi Guru Mata Pelajaran di MI Darul Ma'arif. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.
Haryadi, R. N. (2020). Pengaruh PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 1(2), 14-30.
JAUHARI, H. Q. A. (2015). Pembelajaran Qowaid Al-Imlak Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1).
Joni, S., & others. (2016). Eksistensi dan Kontribusi Pondok Modern Darussalam Gontor Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. At-Ta’dib, 11(2), 201–226.
Maslul, S., Thonthowi, T., Fithroni, F., & Sadewa, A. (2020). Pelatihan Baca Al-Qur'an dan Pendampingan Calon Santri Pondok Modern Darussalam Gontor di Masa Covid-19. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 347–354.
Nurhakim, M. (2011). Imam Zarkasyi dan pembaharuan pesantren: Rekonstruksi aspek kurikulum, menejemen dan etika pendidikan. Progresiva, 5(1), 162206.
Rathomi, A. (2019). IMLA' MANZHUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA SEKOLAH DASAR. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 2(1).
Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Syaifullahil Maslul, Muhammad Amin Khizbullah, Thonthowi Thonthowi, Fajar Fithroni, Apriani Novitasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) by LPPM STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.