Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Bagi Siswa di SMK Bina Mandiri Multimedia

Penulis

  • Molbi Febrio Harsanto STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Hernawan Hanif STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Triyana STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Rahmawati STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Tresna Panca Desyana STEBIS Bina Mandiri, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.73

Kata Kunci:

Nilai Keislaman, Pengabdian Masyarakat, SMK Bina Mandiri Mutimedia

Abstrak

Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pendidikan yang berdampingan dengan penanaman nilai-nilai keislaman dapat membentuk karakter pelajar yang akhlakul kharimah. Banyaknya Lembaga Pendidikan yang hanya memberikan transfer ilmu pengetahuan tanpa adanya transfer nilai yang berdampak terhadap banyaknya kenakalan remaja yang terjadi. Menanamkan nilai-nilai keislaman pada pelajar usia remaja sangat memberikan pengaruh dalam cara berpikir, berperilaku, dan cara berinteraksi untuk pelajar dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMK Bina Mandiri Multimedia. Proses kegiatan ini dilaksanakan dengan cara sosialisasi dan diskusi. Setelah mengikuti kegiatan ini, para siswa SMK Bina Mandiri Multimedia lebih memahami perlunya menanamkan nilai-nilai keislaman dalam lingkungan sekolah dan juga menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Ismatullah, N.R. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik. Tarbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), (01) 01, 59-73.

Khoiriyah. (2012). Sosiologi Pendidikan Islam. Teras Perum Polri Gowok Blok D3 No.200.Cet. Ke-1

Lancaster, L. C. and Stillman, D. (2002). When Generations Collide. Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: Collins Business.

Marimba, D.A. (2012) Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Putra, Y.S. (2016). THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI. Among Makarti, 9 (18), 123-134. DOI: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-24

Cara Mengutip

Harsanto, M. F. ., Hanif, H. ., Triyana, Rahmawati, & Desyana, T. P. . (2022). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Bagi Siswa di SMK Bina Mandiri Multimedia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2(1), 94–101. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.73